Selamat Datang di Blog Mas-KW

MENUJU TAHUN 2019

Rabu, 11 Maret 2015

Keluar dari Zona Nyaman sebagai Kunci Sukses Mengembangkan Diri (2)

 

Perluas sudut pandang

Untuk keluar dari zona nyaman, kita perlu memperluas perspektif kita. Ini dikarenakan, situasi baru harus didekati dengan perspektif yang berbeda. Orang-orang yang berada di dalam situasi itu memiliki pandangan yang sama sekali berbeda dengan pandangan kita.
Nah, jika kita tidak memperluas perspektif kita, kita pun tidak akan dapat menyesuaikan diri dengan situasi dan orang-orang yang berada di dalam situasi itu.
Salah satu cara memperluas sudut pandang yaitu dengan bepergian ke tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi. Kita dapat mempelajari tradisi, budaya, dan situasi yang berbeda.

Tentukan tujuan

Keluar dari zona nyaman akan berkali lipat lebih sulit manakala kita tidak memiliki tujuan yang jelas. Ini sama artinya kita tidak memiliki persiapan. Kita sama sekali buta dengan situasi baru; Kita sama sekali tidak tahu apa yang ada di luar sana. Jika kita tidak siap dengan kegagalan, maka keluar dari zona nyaman justru akan membuat kita jera.
Oleh karena itulah, kita perlu mempersiapkan diri manakala kita ingin keluar dari zona nyaman kita.
Salah satu persiapan untuk menghadapi situasi yang baru yaitu menentukan tujuan yang jelas.
Menentukan tujuan berarti mengetahui ke mana kita akan pergi, mengetahui risiko apa saja yang akan kita hadapi, orang-orang macam apa yang akan menjadi teman kita, juga orang-orang yang seperti apa yang akan kita hadapi.

Bersosialisasi dengan orang-orang baru

Keluar dari zona nyaman berarti keluar dari lingkungan di mana kita berada. Ini berarti kita bergaul dan berurusan dengan orang-orang baru.
Nah, persiapkanlah diri Anda untuk keluar dari zona nyaman dengan cara memperbanyak teman, bersosialisasi dengan berbagai kalangan.
Luasnya pergaulan dapat membantu mengurangi kecemasan kita manakala berada di dalam situasi yang asing. Setidaknya, orang-orang yang baru kita kenal dapat membantu kita mengadapi situasi yang baru.
Ingat, mereka adalah orang-orang yang sudah ahli dan sudah familiar dengan situasi itu. Dengan demikian, ketika Anda sudah mengenal mereka, mereka pun dengan senang hati akan membantu Anda.

bersambung.........................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar